Snippet

MANAJEMEN STRATEGI

  1. Pengertian manajemen strategi adalah suatu seni (keterampilan), teknik dan ilmu merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi serta mengawasi berbagai keputusan fungsional organisasi (bisnis dan nonbisnis) yang selalu di pengaruhi oleh lingkungan Internal dan Eksternal yang senantiasa berubah sehingga memberikan kemampuan kepada organisasi untuk mencapai tujuan sesuai dengan yang di harapkan.

2.   Ciri-ciri manajemen strategi menurut Robert H Hayes & Steven C.
            a. Wawancara Utama (Time Horizon)
  ---Pada umumnya kata strategi dipergunakan untuk menggambarkan kegiatan yang meliputi cakrawala waktu yang jauh ke depan, yaitu waktu yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan tersebut dan juga waktu yang diperlukan untuk mengamati dampaknya.
b. Dampak (Impact)
  ---Walaupun hasil akhir dengan mengikuti suatu strategi tertentu tidak langsung terlihat untuk jangka waktu yang lama, dampak akhirnya akan sangat berarti.
c. Pemusatan Upaya (Concentration of Effort)
  ---Sebuah strategi yang efektif biasanya mengharuskan pemusatan kegiatan, upaya / perhatian terhadap rentang sasaran yang sempit dan memfokuska perhatian pada kegiatan yang di pilih ini, secara implicit kita mengurangi sumber daya yang tersedia untuk kegiatan lain.
d. Pola Keputusan (Pattern of Decisions)
  ---Walaupun sebagian perusahaan hanya perlu mengambil sejumlah kecil keputusan utama untuk menetapkan strategi pilihannya, kebanyakan strategi mensyaratkan bahwa sederatan keputusan tertentu harus diambil sepanjang waktu.


e. Peresapan (Pervasiveness)
  ---Sebuah strategi mencakup suatu spectrum kegiatan yang luas mulai dari proses alokasi sumber daya sampai dengan kegiatan operasi harian. Selain itu, adanya konsistensi sepanjang waktu dalam kegiatan ini mengharuskan semua tingkatan perusahaan bertindak secara naluri, dengan cara-cara yang akan memperkuat strategi.

3.   Cara mengembangkan strategi menurut Mintzberg:
      a. Cara Enterpreneuer
---Seorang pemimpin yang kuat biasanya mengambil keputusan yang berani dan penuh resiko yang kurang lebih inisiatif yaitu mengandalkan pertimbangkan pribadi yang dibentuk oleh pengalamannya.
            b. Cara Adiptif.
               ---Cara ini disebut taknik berliku-liku. Manajer yang adaptif hanya menanggapi setiap situasi yang muncul & cenderung mengambil sikap bertahan menghadapi tindakan persaingan. Perusahaan yang adaptif maju secara berhati-hati dengan langkah kecil yang terputus-putus.

            c. Cara Perencanaan (Planning Mode)
               ---Menurut cara ini, perancangan tingkat puncak mengikuti suatu prosedur sistematik yang mengharuskan mereka menganalisis lingkungan & perusahaan sehingga mereka dapat mengembangkan suatu rencana untuk bergerak kemasa depan.

      4. Prinsip Manajemen Strategi
            1. Perencanaan Strategi menembus (merembes).
               ---semua manajer pada berbagai divisi harus belajar berfikir strategis. Semua tingkat manajerial termasuk supervisor akan terlibat dalam manajemen strategi. Dengan cara tertentu. Setiap tingkat pola dan cara yang diambil berbeda, tetapi mengarah pada suatu tujuan yang telah ditetapkan.

2.Proses perencanaan komprehensif
               ---artinya perencanaan di dasarkan pada kebutuhan dan pengembangan usaha, bukan dibuat asal-asalan.
      5. Komponen Proses Manajemen Strategi
            1. Misi Perusahaan (Organisasi), menggambarkan tujuan/alas an mengenai keberadaan organisasi. Di dalam misi telah mencakup tipe, ruang lingkup dan karakteristik aktivititas yang akan dikerjakan.
            2. Tujuan yang merupakan hasil akhir dari suatu aktivitas / kinerja. Dalam tujuan ini akan ditegaskan apa yang akan dicapai , berapa, kapan yang harus dicapai.
            3. Strategi, yaitu keterampilan dan ilmu memenangkan persaingan karena persaingan merupakan perebutan  pangsa pasar (konsumen), sedangkan konsumen setiap saat mengalami perubahan , maka strategi harus  dikelola sedemikian rupa agar tujuan jangka pendek, menengah & jangka panjang perubahan akan tercapai.
            4. Kebijakan, yaitu cara mencapai tujuan perusahaan kebijakan melalui garis pertama, aturan dan peraturan serta prosedur guna mendukung usaha pencapaian tujuan.
            5. Profil perusahaan, yang menggambarkan keadaan perusahaan baik dari sisi keuangan, sumberdaya manusia dan sumber daya pisik.
            6. Lingkungan eksternal, semua kekuatan akan mempengaruhi pilihan strategi serta mendefinisikan situasi kompotitifnya.
            7. Lingkungan Internal, meliputi semua unsure bisnis  yang ada dalam perusahaan.
            8. Analisis strategi dan pilihan, terutama ditujukanpada keputusan invenstasi untuk masa yang akan dating.
            9. Strategi Unggulan, yaitu rencana umum dan komperensif sari semua tindakan utama yang ditujukan kepada pencapaian tujuan dalam lingkungan yang dinamis.
            10. Strategi Fungsional, merupakan penjabaran dari strategi utama yang dilaksanakan oleh bagian-bagian divisi.
            11. Pelembagaan Strategi.

Leave a Reply

diooda